Jenis Tanaman Jambu Air & Keunggulanya

Jenis Tanaman Jambu Air & Keunggulanya

Jenis Tanaman Jambu Air & Keunggulanya
Halo sobat Gardener berikut akan kami berikan informasi jenis – jenis jambu air dan harganya , mungkin bisa dijadikan pilihan untuk mengisi pot kosong , halaman rumah atau untuk dijadikan sebagai peneduh bahkan koleksi

Keunggulan dari jambu air adalah salah satunya :

  • Bisa dijadikan tabulampot
  • Masa berbuah cepat
  • Minim perawatan jadi siapapun bisa menanamnya
  • Tinggi pohon sedang jadi tidak memakan tempat

Sebelum memilih Bibit Jambu air pastikan anda memelilih bibit unggul dan dari penjual terbaik agar tidak ada penyesalan dikemudian hari ,Yupss.. kalau begitu anda sudah tepat berada disini .

Berikut jenis – jenis jambu air yang layak dibudidayakan mungkin bisa dijadikan referensi :

1. JAMBU AIR BOL JAMAIKA

Jambu Bol Jamaika
Jambu Bol Jamaika
Di Indonesia ini tentunya kita sudah tak asing lagi dengan yang namanya buah jambu air, ternyata Mungkin disebagian kita yang awam mengartikan jambu air hanya sekilas biasa, tapi tahukah anda ternyata banyak sekali jenis jambu air yang tersebar di Indonesia, salah satunya Jambu Air Bol Jamaika. Dan cocok untuk anda miliki jambu air ini sebagai koleksi kebun / tanaman rumah anda, karena untuk jambu jamaika ini masih langka dan belum tersebar secara merata terutama di Indonesia.

Jambu Air Jamaika biasa disebut juga dengan Jambu Air Bol Jamaika. Disebut Bol karena untuk buahnya ini memang tidak biasa dengan jambu air pada umumnya. Maka kelebihan dari jambu jamaika ini adalah buahnya yang besar, bisa mencapai sebesar genggaman tangan orang dewasa. Untuk warna buah sendiri ketika belum masak memang sudah berwarna merah muda, tapi jangan salah, meskipun sudah berwarna merah, tapi buah jamaika belum matang. Buah ini ketika sudah matang warnanya akan berubah menjadi merah pekat / merah ke hitam-hitaman. Rasa yang didapat dari jambu air jamaika ini beraroma wangi dan rasanya manis.

Untuk masa berbuah sendiri tergantung dari kwalitas bibit yang di dapat. Jika anda mendapatkan bibit hasil dari generatif / biji, untuk berbuahnya memerlukan waktu 2-3 tahun. Akan tetapi jika anda menginginkan bibit yang cepat berbuah, bibit dari kami ini cocok dan tepat sekali untuk anda miliki. Kami sediakan bibit dengan teknik okulasi okulasi, yaitu sambung mata bagian tunas yang diambilkan dari indukan yang pernah berbuah, jadi bibit dari kami asal okulasi ini nantinya cepat berbuah dan sudah bisa anda panen buahnya di umur 1 tahun saja, sungguh cepat bukan.

Bagi anda yang mempunyai lahan / pekarangan yang cukup, bisa menanam langsung ke tanah dengan hanya membutuhkan tempat 3 m persegi saja. Namun jika Anda tidak memiliki lahan cukup, tentu cara tanam di pot atau biasa disebut tabulampot ini bisa anda terapkan di jambu jamaika ini. Jambu jamaika ini dapat hidup pula di pot dengan diameter pot lubangnya minimal 60cm, dengan kedalaman 30-50cm tanaman ini sudah bisa tumbuh dan berbuah dengan baik nantinya.

2. JAMBU AIR BLACK DIAMOND

-
Jambu Air Black Diamond – Buah Jambu Air ini warnanya sangat menarik. Memiliki warna cantik merah kehitaman, dan rasanya pun sangat manis segar sesuai dengan warnanya. Berat buahnya rata-rata mempunyai bobot sekitar 150gr per buah dan tidak memiliki biji. Kandungan vitamin C dalam jambu air yang jumlahnya sangat besar membuat buah jambu air ini bermanfaat untuk mencerahkan kulit wajah dan kulit tubuh lainnya.

Bibit Buah ini baik ditanam di dataran rendah ataupun dataran tinggi. Dapat tumbuh optimal jika ditanam di daerah dengan curah hujan rendah/kering sekitar 500–3.000 mm/tahun. Selain dapat dikebunkan dapat juga dibudidayakan dengan cara menanam Jambu Air Black Diamond Dalam Pot atau dikenal dengan istilah Tabulampot Jambu Air Black Diamond.

3. JAMBU AIR RED TAIWAN

-
Jambu Air Red Taiwan adalah salah satu varietas unggulan hasil introduksi. Rasa Buahnya yang manis dengan tingkat kemanisan mencapai 12 brix. Saat belum masak sempurna jambu mempunyai rasa agak asam seperti kombinasi antara jambu air dan jambu bol. Jambu ini cocok ditanam di lahan maupun untuk tabulampot.


Warnanya sangat merah, bentuknya cenderung membulat, menarik.

Kelebihannya adalah mudah sekali berbuah meskipun ditanam di dalam pot. Seperti punya kami ini, meski kami tanam dalam planterbag 75Liter, umur tanaman yang belum genap 1 tahun sudah mengeluarkan buah dengan dompolan yanh lebat. Padahal kami tidak memberikan perlakuan khusus terhadapnya, tapi memang dasar genjah tetap saja dia berbuah.

Bijinya kecil, kadang hampir tanpa biji, rasanya manis, tapi memang sih tidak manis sekali tapi lumayanlah tetap bagus untuk dikoleksi.

4. JAMBU AIR KING ROSE

-
Jambu Air King Rose ( Syzygium aqueum ) merupakan jenis jambu air unggulan dengan ukuran buah yang besar atau jumbo. Ukuran buahnya lebih besar dibanding jenis jambu air lainnya. Daging Buahnya sangat tebal dan beratnya bisa mencapai 350 gram. Keunggulan lainnya adalah buahnya tanpa biji. Tanaman buah jambu air jenis ini dapat tumbuh dengan baik di dataran tinggi dan rendah. Selain dikebunkan Bibit Jambu Air King Rose dapat juga dibudidayakan dengan cara tanam dalam pot atau Tabulampot

5. JAMBU AIR KANCING

-
Salah satu peluang usaha di bidang agribisnis adalah menjalankan usaha tanam jambu air jenis jambu air kancing.
Jambu Air Kancing merupakan jenis jambu non biji bertubuh mungil yang selalu menyedot perhatian calon konsumen. Warna merah yang apik dipadukan dengan hijaunya daun merupakan salah satu keunggulannya. Bagi Anda yang ingin memulai usaha pembibitan jambu kancing, berikut tata cara dan sedikit ringkasan mengenai seluk beluk jambu kancing.


Ciri-ciri Buah Jambu Kancing :

Berwarna merah merona, agak kehitaman jika terlalu masak
Tekstur buah renyah garing
Memiliki rasa asam menyegarkan meski sudah masak
Sifat buah bergerombol menggelantung pada satu ranting mirip kancing
Kuping jambu lebih kecil dan tidak berbiji
Fisik keseluruhan buah mungil dan mengecil di bagian pangkal batang
Mengandung banyak air
Ciri Pohon Jambu Kancing
Daun lebar, lancip di bagian ujung
Pohon mampu tumbuh hingga 7-10 meter jika media tanam tanah
Pada polybag pohon mampu tumbuh hingga 3-4 meter
Batang pohon tidak bergetah
Mudah dilakukan okulasi
Ranting pohon cukup kuat untuk menopang lima sampai tujuh buah

Manfaat Jambu Kancing Bagi Kesehatan
Melancarkan pencernaan tubuh dengan serat dan mineral yang tinggi maka sangat cocok bagi yang sedang melakukan diet sehingga efektif untuk melancarkan pencernaan
Mampu mengurangi dehidrasi karena mengandung mineral yang cukup tinggi untuk membantu mencukupi cairan dalam tubuh sehingga dapat mencegah penyakit batu ginjal dengan cara membersihkan ginjal dari asam urine dan urea
Mempunyai kandungan vitamin A yang dapat membantu menyeimbangkan imun (kekebalan) tubuh serta dapat memperkuat fungsi sel darah putih dan juga yang dikenal dari vitamin A adalah menajaga kesehatan mata
Antioksidan kandungan vitamin C dalam buah jambu air berperan penting untuk memperbaiki jaringan sel-sel tubuh yang rusak khususnya sebagai perawatan kulit, menjadikan kulit tampak lebih segar dan peredaran darah lancar

6. JAMBU AIR CITRA

-
Tanaman jambu air citra merupakan salah satu jenis tanaman jambu air unggulan yang mempunyai ukuran buah lumayan besar. Berat daging buah jambu ini bisa mencapai 200 gram sampai 350 gram, Ukuran ini cukup menakjubkan mata untuk ukuran buah jambu air.


Buah dari Asia tenggara ini menjadi salah satu buah yang cukup populer di kalangan masyarakat Indonesia. Warnanya yang merah merona, daging yang tebal dan renyah dengan rasa yang manis pastilah menggoda setiap orang untuk menikmatinya. Buah ambu air citra ini memang terkenal dengan kandungan airnya yang melimpah, kabarnya kadar air jambu ini hampir 93 % dalam tiap buahnya. Jadi tidak heran jika jambu yang satu ini memiliki banyak penggermar.

Tanaman buah jambu air citra merupakan salah satu jenis tanaman tropis yang berasal dari Asia Tenggara yang masuk dalam famili Mytaceae (suku jambu-jambuan). Tanaman jambu citra dapat tumbuh dengan baik di dataran rendah hingga dengan ketinggian sampai 1000 meter diatas permukaan laut. dengan perawatan yang baik jambu ini mencapai masa produktifnya pada umur tiga sampai lima tahun yang mampu menghasilkan buah sebanyak 80-100 kg perpohonnya dalam waktu satu tahun. Tanaman buah ini juga tergolong memiliki ketahanan yang sangat bagus terhadap hama penggerek batang, hama ulat dan jamur daun.

Buah Jambu citra kaya akan vitamin C, vitamin A, serat makanan, kalsium, niacin, thiamin, besi dan kalium. Senyawa organik di dalamnya mengandung asam betulinic, jambosine dan lakton Friedel. Dengan kandungan tersebut, jambu air citra dipercaya mampu Menyehatkan Pencernaan, Mengontrol Diabetes, membantu Pencegahan Kanker, Menyehatkan Jantung dan juga mampu Meningkatkan Sistem kekebalan.

Sekarang sudah waktunya menikmati buah jambu air citra dari kebun anda sendiri dengan bibit terbaik dari kami. Tanaman ini juga sangat cocok dibudidayakan di dalam pot (Tabulampot) dengan produktifitas buah yang cukup tinggi.

7. JAMBU AIR CAMPLONG PUTIH

-
Jambu air camplong merupakan salah satu buah unggulan daerah Jawa Timur. Sentra produksinya adalah Kabupaten Sampang Madura. Pangsa pasarnya cukup besar sehingga pengusahaan tanaman ini mampu memberikan pendapatan yang layak bagi petani.

Keunggulan
Keunggulan dari jambu air camplong adalah warna buah menarik (putih mengkilat), daging buah tebal, rasa manis dan segar, tidak berbiji, serta bobot rata-rata 80-100 g/buah. Produksi buah bersifat musiman, sehingga panen raya terjadi setahun sekali yaitu pada bulan JuliAgustus.
Zona agroekologi jambu air camplong adalah daerah beriklim agak kering, dataran rendah

Umumnya petani jambu air camplong hanya memberi pupuk kandang setiap tahun
dengan takaran 15 kg/pohon untuk tanaman berumur lebih dari 9 tahun. Rakitan teknologi budi daya untuk tanaman dengan umur yang sama adalah pemberian pupuk kandang 30 kg/pohon



Deskripsi buah jambu air camplong.
Asal : Desa Camplong (Sampang Madura)
Umur tanaman : 10 tahun
Tinggi tanaman : 10-12 m
Bentuk buah : Buah sejati tunggal
Warna kulit buah : Kerucut dengan 4 buah cangap di bagian ujung
Warna daging buah : Putih mengkilap
Rasa buah : Manis segar
Aroma buah : Lemah
Panjang buah : 4,3-6,2 cm
Diameter buah : 4,9-6,1 cm
Jumlah buah per tandan : 1-5 buah
Tangkai buah : 1,3-2,6 cm
Tekstur daging buah : Renyah
Kandungan air : 89,07%
Berat buah/buah : 65,5-100,7 g
Persentase daging buah : 95%
yang dapat dimakan
Jumlah biji : Tidak berbiji
Produksi per pohon/tahun : 300-800 kg

8. JAMBU AIR SUPER GREEN

-
Jambu air super green ini memang Istimewa, setelah tahun lalu jambu air madu deli hijau meledak di kalangan para penghobi dan petani jambu sekarang giliran jambu super green hadir untuk menarik perhatian. Jambu air super green mengalahkan jambu madu deli hijau untuk masalah rasa manisnya.

Dengan rasa buahnya yang semanis madu menjadi andalannya serta teksturnya yang renyah dan berbuah tidak mengenal musim. Salah satu yang menjadi ciri khas dari buah jambu super green ini yaitu ukuran buahnya yang super gede dan tampilannya lebih mengkilap. Dengan perbanyakan vegetatif jambu ini mampu berbuah pada usia 1 tahun setelah tanam. Budidaya jambu super green cukup menggiurkan karena peluangnya masih terbuka lebar.

9. JAMBU AIR MADU DELI HIJAU

-
Jambu Air Madu Deli Hijau adalah salah satu varietas jambu air yang tergolong istimewa, karena jambu yang satu ini memiliki rasa yang sangat manis dan bentuknya yang super besar mengkilap. Warna buah ini berwarna Hijau, sesuai dengan namanya Jambu Air Madu Deli Hijau.


Tapi dilapangan kita banyak menjumpai buah yang warnanya tidak hijau meskipun sebenarnya jenis buahnya sama, biasanya ada yang berwarna Putih, krem dan kemerahan. Namun mayoritas buah ini berwarna hijau, hal ini disebabkan sinar matahari yang sampai ke kulit buah jambu air ini tidak sama. Semakin banyak sinar yang diterima buah ini maka warna kulit akan semakin hijau, karena kulit buah jambu air ini akan ikut berftosintesis. Dan inilah yang membuat buah yang satu bermacam macam warnanya. Jadi jika semakin hijau warna buahnya, semakin manis rasa buah tersebut.

Jambu yang sering disebut juga jambu air MDH ini memiliki kombinasi tingkat kemanisan jambu air tertinggi di Indonesia, yaitu mencapai 12,4 sampai 15,5 brix. Selain itu buah jambu air ini juga memiliki buah yang besar sekitar 200 sampai 300 gram/buah dan memiliki kandungan vitamin C yang tinggi.

Dalam satu tahun buah yang berasal dari Asia Tenggara ini sudah bisa berbuah, dan istimewanya lagi Jambu Air Madu Dheli Hijau berbuah tanpa mengenal musim. Buah yang satu ini dapat menjadi pilihan anda untuk ditanam di halaman rumah, kebun ataupun di dalam pot (tabulampot).


Blog Post Lainnya